Home » » Video Angin Puting Beliung di Sidrap dan 10 Renungan Bagi Yang Ditimpa Ujian/Musibah

Video Angin Puting Beliung di Sidrap dan 10 Renungan Bagi Yang Ditimpa Ujian/Musibah

Video Angin Puting Beliung Sidrap 

Ujian menyerang siapa saja tidak pandang bulu. Sebagaimana orang miskin diuji…orang kayapun demikian. Sebagaimana rakyat jelata hidup di atas ujian…para penguasa juga diuji. Bahkan bisa jadi ujian yang dirasakan oleh para penguasa dan orang-orang kaya lebih berat daripada ujian yang dirasakan oleh orang-orang miskin dan rakyat jelata.

Jangan disangka hanya si miskin yang menangis akibat ujian yang ia hadapi…, atau hanya si miskin yang merasakan ketakutan…bahkan seorang penguasa bisa jadi lebih banyak tangisannya dan lebih parah ketakutan yang menghantuinya daripada si miskin. Intinya setiap yang bernyawa pasti diuji sebelum maut menjemputnya…siapapun juga orangnya. Entah diuji dengan kesulitan atau diuji dengan kelapangan, kemudian ia akan dikembalikan kepada Allah untuk dimintai pertanggung jawaban bagaimana sikap dia dalam menghadapi ujian tersebut. Allah berfirman :

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan" (QS Al-Anbiyaa' : 35)

Memang dunia ini adalah medan ujian…kehidupan ini ada medan perjuangan…Allah berfirman ;

تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (١) الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

"Maha suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun"
(QS Al-Mulk : 1-2)

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ وَكَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلا

"Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah singgasana-Nya (sebelum itu) di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya"
(QS Huud : 7)

Jikalau orang kafir juga tidak selamat dari ujian kehidupan, maka apatah lagi seorang yang beriman kepada Allah?, pasti akan menghadapi ujian. Allah berfirman :

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لا يُفْتَنُونَ

"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?" (QS Al-'Ankabuut : 2)

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأمْوَالِ وَالأنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar" (QS Al-Baqoroh : 155)

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّى يَقُولَ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ مَتَى نَصْرُ اللَّهِ أَلا إِنَّ نَصْرَ اللَّهِ قَرِيبٌ

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, Padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu Amat dekat" (QS Al-Baqoroh : 214)

Bahkan semakin tinggi iman seseorang maka semakin banyak ujian yang akan ia hadapi. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

أَشَدُّ النَّاسِ بَلاَءً الأَنْبِيَاءُ ، ثُمَّ الأَمْثَلُ فَالْأَمْثَلُ ، يُبْتَلَى الرَّجُلُ عَلَى حَسَبِ دِيْنِهِ ، فَإِنْ كَانَ دِيْنُهُ صَلْبًا اشْتَدَّ بَلاَؤُهُ وَإِنْ كَانَ فِيْ دِيْنِهِ رِقَّةٌ اُبْتُلِيَ عَلَى حَسَبِ دِيْنِهِ، فَمَا يَبْرَحُ الْبَلاَءُ بِالْعَبْدِ حَتَّى يَتْرُكَهُ يَمْشِي عَلَى الْأَرْضِ مَا عَلَيْهِ خَطِيْئَةٌ

"Orang yang paling berat ujiannya adalah para Nabi, kemudian yang paling sholeh dan seterusnya. Seseorang diuji berdasarkan agamanya, jika agamanya kuat maka semakin keras ujiannya, dan jika agamanya lemah maka ia diuji berdasarkan agamanya. Dan ujian senantiasa menimpa seorang hamba hingga meninggalkan sang hamba berjalan di atas bumi tanpa ada sebuah dosapun"
(Dishahihkan oleh Al-Albani dalam As-Shahihah no 143)

Jika anda terkadang merasakan ujian yang terus menimpa anda maka itulah yang pernah dirasakan oleh seorang Imam besar sekelas Imam Syafii. Al-Imam Asy-Syafii rahimahullah berkata :

مِحَنُ الزَّمَانِ كَثِيْرةٌ لاَ تَنْقَضِي ... وَسُرُوْرُهَا يَأْتِيْكَ كَالْأَعْيَادِ

Cobaan zaman banyak tidak habis-habisnya….

Dan kegembiraan zaman mendatangimu (sesekali) seperti sesekalinya hari raya

Bahkan terkadang ujian datang bertubi-tubi dan bertumpuk-tumpuk. Imam Syafi'i rahimahullah juga berkata :

تَأْتِي الْمَكَارِهُ حِيْنَ تَأْتِي جُمْلَةً ... وَأَرَى السُّرُوْرَ يَجِيْءُ فِي الْفَلَتَاتِ

"Hal-hal yang dibenci tatkala datang bertumpuk-tumpuk…

Dan aku melihat kegembiraan datang sesekali"

Berikut ini 10 perkara yang hendaknya direnungkan oleh anda jika anda ditimpa musibah atau ujian :

Pertama : Yakinlah bahwa selain andapun juga diuji. Ada yang diuji dengan kemiskinan…, ada yang diuji dengan harta, jabatan, dan kekuasaan…ada yang diuji dengan istri yang berakhlak buruk…, ada wanita yang diuji dengan suami bejat…, ada wanita yang diuji dengan mertua jahat…, ada yang diuji dengan ibunya…, dan terlalu banyak model ujian yang menimpa manusia. Maka anda sebagaimana manusia-manusia yang lain yang juga ditimpa musibah/ujian yang beraneka ragam

Kedua : Sabarlah dengan ujian yang sedang anda hadapi…, Alhamdulillah anda masih bisa memikulnya. Bisa jadi jika anda diuji dengan ujian yang lain maka anda tidak akan mampu menghadapinya. Yakinlah bahwa tidaklah Allah menguji kecuali dengan ujian yang mampu dihadapi oleh seorang hamba

Ketiga : Terkadang syaitan membisikkan kepada anda bahwa ujian yang anda hadapi sangatlah berat dan tidak mungkin untuk anda pikul…maka ingatlah bahwa saat ini masih terlalu banyak orang yang diuji dengan ujian yang jauh lebih berat dengan ujian yang sedang anda hadapi

Keempat : Bukankah ujian jika dihadapi dengan kesabaran maka akan menghapus dosa-dosa dan meninggikan derajat??

Kelima : Bahkan bisa jadi Allah menghendaki anda untuk meraih sebuah tempat yang tinggi di surga yang tidak mungkin anda peroleh dengan hanya sekedar amalan-amalan sholeh anda. Amalan sholeh anda tidak cukup untuk menaikan anda ke tempat tinggi tersebut. Anda tidak akan mampu untuk sampai ke tempat tinggi tersebut kecuali dengan menjalani ujian-ujian yang tidak henti-hentinya untuk mengangkat derajat anda

Keenam : Ingatlah… dengan ujian terkadang kita baru sadar bahwasanya kita ini sangatlah lemah dan selalu butuh kepada Allah Yang Maha Kuasa. Terkadang kita baru mengenal yang namanya khusyu' dalam sholat…kita baru bisa merasakan kerendahan yang disertai deraian air mata…kita baru bisa merasakan nikmatnya ibadah…tatkala ujian datang…tatkala musibah menerpa.

Ketujuh : Ingatlah…dengan ujian atau musibah yang menimpa kita terkadang menghilangkan sifat ujub pada diri kita. Karena tatkala kita rajin beribadah dan selalu mendapatkan kenikmatan terkadang timbul ujub dalam diri kita dengan merasa bahwa diri kita hebat selalu beruntung. Jangan sampai kita salah persepsi dengan menganggap tanda kecintaan Allah kepada seorang hamba adalah tidak ditimpanya sang hamba dengan musibah. Bahkan perkaranya justru sebaliknya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

إِنَّ اللهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ

“Jika Allah mencintai sebuah kaum maka Allah akan menguji mereka”
(Dishahihkan oleh Al-Albani dalam As-Shahihah no 146)

Kedelapan : Berhusnudzonlah kepada Allah, yakinlah bahwa dibalik ujian dan musibah yang menimpamu ada kebaikan dan hikmah. Justru jika ujian tersebut tidak datang dan jika musibah tersebut tidak menimpamu maka akan lebih buruk kondisimu. Allah berfirman :

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ

“Dan boleh jadi kalian membeci sesuatu padahal ia amat baik bagi kalian” (QS Al-Baqoroh : 216)

Kesembilan : Bahkan bisa jadi musibah atau ujian yang kita benci tersebut bahkan mendatangkan banyak kebaikan. Allah berfirman:

فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلُ اللهُ فِيْهِ خَيْرًا كَثِيْرًا

“Maka mungkin kalian membenci sesuatu padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak”
(QS An-Nisaa : 19)

Kesepuluh : Ingatlah bahwasanya tidak ada istrirahat total…kegembiraaan total…kecuali di akhirat kerak. Selama anda masih hidup di dunia maka siap-siaplah dengan ujian yang menghadang. Bersabarlah…tegarlah…demi meraih ketentaraman dan kebahagiaan abadi kelak di surga. Ada orang awam yang berkata, “Kalau mau hidup di dunia harus siap diuji, kalau tidak mau diuji ya…jangan hidup di dunia !!!”

Kota Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam-, 30-03-1433 H / 22 Februari 2011 M
Abu Abdilmuhsin Firanda Andirja


video

Artikel dan Video terpisah
Sumber Artikel : Abu Abdilmuhsin Firanda Andirja
Sumber Video : http://video.tvonenews.tv

66 komentar:

  1. renungan yang sangat bermanfaat, semoga bisa diambil hikmahnya..:}

    BalasHapus
  2. setiap kali diingatkan, seolah kita bener2 baru tau. pdhal kita dah ngerti dari dulu, tapi kita lalai.

    Dialah Dzat yang maha membolak balikkan hati manusia!

    BalasHapus
  3. Innaalillahi Wainnaa ilaihi raaji'uun...
    Segala sesuatu berasal dariNya dan akan kembali kepadaNya...

    BalasHapus
  4. wah gan mantap nih :D nice info izin simak

    BalasHapus
  5. subhanallah, saya selalu tersentuh dengan keindahan kata-kata yang disampaikan blog ini..
    renungan yang wajib kita renungkan, karena tidak ada seorang manusia pun didunia ini yang tidak memiliki masalah ..

    BalasHapus
  6. follow back sukses sobat...!!!!

    BalasHapus
  7. suka yg ke10
    Selama anda masih hidup di dunia maka siap-siaplah dengan ujian yang menghadang. Bersabarlah…tegarlah…demi meraih ketentaraman dan kebahagiaan abadi kelak di surga. Ada orang awam yang berkata, “Kalau mau hidup di dunia harus siap diuji, kalau tidak mau diuji ya…jangan hidup di dunia !!!”

    ehhe.. itulah hidup syukron renungannya...

    BalasHapus
  8. renungan yang menarik untuk disimak sobat
    nice post :)

    BalasHapus
  9. suhanallah. . . . aku ikut merenung. . . . .

    BalasHapus
  10. renungan~
    jd tdk ada yg total???

    BalasHapus
  11. Ujian ataukah peringatan?
    Kita ambil hikmah saja untuk semua kejadian yang sudah digariskan Alloh,semoga semua kejadian diatas benar-benar menjadi renungkan kita untuk berubah lebih baik.
    Nice share,barokalloh,amin.

    BalasHapus
  12. Subhanallah, ini bisa jadi bahan renungan ane nih, terima kasih sob, ngeri angin puting beliungnya, o iya, follback sukses sob, terima kasih

    BalasHapus
  13. subhanallah. nice share utk renungan
    salam kenal, saya juga sudah join, mampir ke dimasgeel ya :)

    BalasHapus
  14. absen sore sob..kemarin punya ku juga angin besar baged..phon" pada tumbang...ngeri deh,tapi gag sampe puting beliung..alhamdulillah... :)
    absen sore sob..
    wah lentera langit ganti baju :D

    BalasHapus
  15. Musibah adalah Vitamin bagi orang yang beriman jika disikapi dengan bijak...
    nice share...

    BalasHapus
  16. Halo sob maaf OOT nih, ane sudah pasang link sobat nih, silahkan cek di sini --> http://fahri-artikel.blogspot.com/2011/07/link-sahabat_02.html . No. 36. Ane tunggu pemasangan link ane ya...

    Salam positif dari F.A.

    BalasHapus
  17. @eksakbenar banget sob.., kita dah tau tp terkadang lupa atau bisa jdi gk mau tau...

    BalasHapus
  18. @Nhinissmg kita kembali kpd-Nya dlm keadaan beriman & bertaqwa aamiin...

    BalasHapus
  19. @Muhammad Ulil Albabiya sob..benar banget.! emank setiap manusia pasti pny masalah dan masalah yg ditimpakan Allah kpd Hamba2-Nya pastilah sesuai kemampuan hamba2-Nya ...

    BalasHapus
  20. @Annur EL- Kareemiya.., hidup & ujian bagaikan 'ekor dan badan' selama msh ada napas maka siap2 sj terima ujian, ujian yg terkadang dtg tiba2..., :D

    BalasHapus
  21. @Raihan Marie Ramadhaniya benar banget sob.., wafikbarakallahu... :D

    BalasHapus
  22. @dimas geelsalam kenal balik.., barakallahu., insya Allah... :)

    BalasHapus
  23. @DWI YULIANTO | THE-XPAlhamdulillah Allah msh melindungi kita & memberi kesempatan tuk berubah ke arah yg lebih baik.., smg bisa jadi renungan tuk intropeksi diri..., terima kasih sob..! :), iya ni baru baru... :)

    BalasHapus
  24. @zaenal bloghehe...isitilah yg keren..,benar banget sob.., vit tuk menambah iman & taqwa.., org beriman tuh tau klo semakin tinggi ujian & mampu melewatix dgn taqwa maka derajad iman pun makin bertambah pula..,makin tinggi pula posisix kelak di sorga, jd org beriman tak ada keluh kesah dlm menghadapi ujian... :)

    BalasHapus
  25. semoga mereka yang terkena musibah ini diberi kekuatan dan kesabaran dalam lindungan ALLAH SWT

    BalasHapus
  26. “Maka mungkin kalian membenci sesuatu padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak” (QS An-Nisaa : 19)
    Aku suka kata2 ini, memang semua musibah apapun bentukX pasti setelah itu ada kebaikan yang akan terjadi

    BalasHapus
  27. cobaan bisa datang kapan saja, tinggal kita bagaimana menyikapinya dengan baik. Yang paling penting adalah harus selalu ingat kepada allah. -salam kenal-

    BalasHapus
  28. semoga kita yang belum mengalami bisa megambil hikmah dari kejadian yang telah terjadi pada orang lain....

    BalasHapus
  29. hikz hikz... renungan yang bagus sob :)
    Maaf baru hadir soalnya ane sibuk

    BalasHapus
  30. Memang benar adanya, bahwa manusia hidup didunia ini selain sebagai khalifah fil ard juga sebagai makhluk yg diuji. Memang ketika sadar, kita selalu terlihat siap menghadapi segala ujian. Namun ketika ujian itu datang, rasanya hati merasa tak sanggup menerimanya.

    Semoga kita semua dijadikan sebagai hamba yg selalu bersyukur dan menerima dg ikhlas ujian apapun yg diberikan Allah untuk kita. Tausiyah yang bagus sob :)

    BalasHapus
  31. yah ga ada ulasan lebih lanjutnya lagi tentang bencana tersebut... :P

    BalasHapus
  32. saya tahu ada puting beliung di sidrap dari berita sobat,,, masyaallah sobat...

    BalasHapus
  33. wah ane langsung ngeliat vidionya gan, kaya tornado ya. walo cuma 2 menti bener bener buat renungan.

    BalasHapus
  34. Betul ... orang yang sudah meninggal yang bebas ujian :)

    BalasHapus
  35. MasyaAllah
    Sudah siapkah bekal kita untuk menghadapNya??

    syukron sob. . .

    BalasHapus
  36. tadi pagi juga ane lihat di tv video angin puting beliung juga, semoga kita semua selalu ingat kepada Allah SWT dan selalu di jauhkan dari musibah :)


    salam dan suport dari duniasharing

    BalasHapus
  37. @Lentera Langit amin . . . . kunjungan pagi bang. . . .

    BalasHapus
  38. Bahkan ketika kita sedang sakit, Allah meluruhkan dosa-dosa kecil yang pernah kita lakukan. Dibalik ujian pasti ada hikmah.

    Btw, kulit barunya cantikkk:)

    BalasHapus
  39. Berhusnudzonlah kepada Allah
    semua terjadi untuk yang terbaik =)

    waw, template baru~
    manis manis manis

    BalasHapus
  40. renungannya bagus sekali sob, syukron :)

    BalasHapus
  41. @Lentera Langit : tolong bantuin ngerjain PR,, cek disini http://jiahjava.blogspot.com/2012/03/12-x-5.html

    :)

    BalasHapus
  42. Terima kasih sahabat atas berbagi pencerahannya ini sahabat

    BalasHapus
  43. astaghfirullah itu yang bisa saya ucapkan

    BalasHapus
  44. Jadikan Musibah Ini Sebagai Ladang Amal ....
    Saling Berbagi ..

    BalasHapus
  45. begitu dahsyatnya salah satu ujian Alloh bagi makluknya

    BalasHapus
  46. hadir lagi menyapa, skalian izin follow yg sukses terlaksana :)

    BalasHapus
  47. Innaalillahi Wainnaa ilaihi raaji'uun.
    serem bgd yah sob...

    BalasHapus
  48. moga qta smua slalu dalam lindungan Allah, Amin... ^^

    BalasHapus
  49. blog walking kawan.
    di tunggu ya kunjungan dan komentarnya di blog saya :)

    BalasHapus