Home » » Bolehkah Memakai Behel Gigi..??

Bolehkah Memakai Behel Gigi..??

Hukum Memakai Behel Gigi

Untuk memenuhi janji kepada seorang Sahabat.., maka artikel ini saya turunkan.
--------

Pertanyaan:
Assalamualaikum. Ustadz, saya masih SMP mau bertanya, memakai behel gigi dalam agama Islam boleh atau tidak? Haram atau tidak? Terima kasih

Dari: Octorush

Jawaban:
Wa’alaikumussalam
Alhamdulillah wa shalatu wa salamu ‘ala rasulillah wa ‘ala alihi wa shahbihi, amma ba’du.
Hukum asalnya merubah sesuatu yang Allah ciptakan pada diri seseorang adalah dilarang, berdasarkan firman Allah,

وَلأَمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللهِ

“Dan akan aku (setan) suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya.” (QS. An-Nisa: 119).
Ayat ini menjelaskan bahwa merubah ciptaan Allah termasuk sesuatu yang haram dan merupakan bujuk rayu setan kepada anak Adam yang melakukan kemaksiatan.

Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadis dari Ibnu Mas’ud, ia mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam melaknat perempuan yang mencabut (alisnya), menata giginya agar terlihat lebih indah yang mereka itu merubah ciptaan Allah.

Hadis ini merupakan laknat (dari rasulullah .pen) kepada wanita-wanita yang mencabut alisnya dan menata giginya dikarenakan mereka telah merubah ciptaan Allah. Dalam riwayat yang lain dikatakan, orang-orang yang merubah ciptaan Allah.

Namun, dalam beberapa hal ada pengecualian yang dibolehkan oleh syariat. Seperti dalam keadaan darurat dan mendesaknya kebutuhan, maka tidak mengapa merapikan gigi karena suatu hal yang darurat dan kebutuhan. Darurat dalam kategori syariat yaitu gigi yang ompong atau gingsul, yang perlu diubah karena sulit mengunyah makanan atau agar berbicara dengan fasih dll. Dalil mengenai hal ini adalah ‘Arjafah bin As’ad radhiallahu’anhu, ia mengatakan, “Hidungku terpotong pada Perang Kullab di masa jahiliyah. Aku pun menggantikannya dengan daun, tetapi daun itu bau sehingga menggangguku. Lal Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menyuruhku menggantinya dengan emas.” (HR. Tirmidzi, An-Nasai, dan Abu Dawud).

Perintah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam kepada ‘Arjafah untuk memperbaiki hidungnya dengan emas merupakan dalil bolehnya memperbaiki gigi. Adapun memperbaiki gigi yang cacat, maka tidak ada larangan untuk menatanya agar hilang cacatnya.
Syaikh Ibnu Utsaimin pernah ditanya, “Apa hukumnya memperbaiki gigi?” Syaikh menjawab, “Memperbaiki gigi ini dibagi menjadi dua kategori:

Pertama, jika tujuannya supaya bertambah cantik atu indah, maka ini hukumnya haram. Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam melaknat wanita yang menata giginya agar terlihat lebih indah yang merubah ciptaan Allah. Padahal seorang wanita membutuhkan hal yang demikian untuk estetika (keindahan), dengan demikian seorang laki-laki lebih layak dilarang daripada wanita.

Kedua, jika seseorang memperbaikinya karena ada cacat, tidak mengapa ia melakukannya. Sebagian orang ada suatu cacat pada giginya, mungkin pada gigi serinya atau gigi yang lain. Cacat tersebut membuat orang merasa jijik untuk melihatnya. Keadaan yang demikian ini dimaklumi untuk membenarkannya. Hal ini dikategorikan sebagai menghilangkan aib atau cacat bukan termasuk menambah kecantikan. Dasar argumentasinya (dalil), Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan seorang laki-laki yang hidungnya terpotong agar menggantinya dengan hidung palsu dari emas, yang demikian ini termasuk menghilangkan cacat bukan dimaksudkan untuk mempercantik diri.”
Allahu a’lam.

Dijawab oleh Tim Redaksi Konsultasi Syariah

Semoga Bermanfaat

74 komentar:

  1. oh, iya emang bener klo utk penampilan cantik sih gak boleh.
    tapi untuk memperbaiki ya gpp...

    tapi memang kebanyakan anak muda cuma ikutan trend biar beken, terlihat modis org kaya lah, apalah..
    pdahal jijik sebenarnya. Klo boleh milih, milih kawat yg transparan tuk mmperbaikinya

    syukron..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar banget.... :D

      sebenarx org2 yg make behel adalah org2 yg gigix Tidak Normal..,jd sungguh Aneh klo ada org2 yg ikut2an pake behel agar dianggap keren/beken.., padahalkan lagi Sakit heheh...

      Hapus
  2. kalo gigi ga rata, trus pake behel boleh ga kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran dokter gmn...?, klo dokter menyarankan cz alasan kesehatan maka silahkan dipake.., gpp ko'.., tp klo ada alasan selain itu (keseahtan) maka coba cocokkan dgn artikel diatas, & scr singkatx jg sdh dijawab oleh Saudari 'Annur EL- Kareem'..,

      Wallahu a'lam..,
      smg Bisa dipahami :D

      Hapus
  3. jadi ga boleh kalau alasannya mempercantik diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy jawab dgn mengajak Saudaraku Ario Antoko tuk berpikir..

      klo alasanx ingin cantik dgn menutup-nutupi yg asli lalu menampakkan yg PALSU seolah2 yg PALSU i2 adalah ASLI, bukankah ini namax berbohong..?? dan bisa jadi sesuatu yg PALSU & Indah i2 bisa menimbulkan Kesombongan diri..?? :D

      tp klo dokter mengajurkan, misalx dokter berkata:

      Ibuu.., Insya Allah gigi ibu ini msh bisa kembali normal & ibu msh bs terlihat cantik asalkan Ibu memakai Behel, :)
      ---
      Tp inti dr Alasan Dokter adalah tuk Kesehatan gigi, agar gigi sang Ibu bs kembali normal, maka Ini dibolehkan dlm Islam.

      wallahu a'alam

      Hapus
  4. wah makasih infonya sob bermanfaat sekali :D
    Absen siang

    BalasHapus
  5. berarti klo alasannya utk gaya2an doank ga boleh ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk boleh... :D

      gaya yg islami ajalah Put..,skrg caba itung2 behel yg keren i2 hargax brp..???, misalx hargax 300 rb.., lalu brp byk anak yatim yg bs kita makan dgn uang 300 rb..??,& msh bnyk contoh2 kebaikan2 yg bisa kita kerjakan & tentux lebih utama plus berpahala drpd harus ngurusin 'Kawat Gigi'.

      Hapus
  6. jadi tambah ngerti! nice share, sob... ;)

    BalasHapus
  7. baru tau sih kalau pakek kawat gigi itu hukumnya haram, kebanyakan kan niatnya agar nantinya terlihat indah...

    kalau memperbesar senjata laki laki sudah pasti haram ya sob, itu kan sudah jelas merubah bentuk hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. memakai kawat gigi tdklah MUTLAK keharamanx..,diperbolahkan dgn syarat2 yg tlah dipaparkan diatas..

      soal memperbesar alat kelamin, liat jawabx disini:
      http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/hukum-pengobatan-alternatif.htm

      wallahu a'lam
      semoga bermanfaat :D

      Hapus
  8. Mampi disini sobat....

    Info yang bermanfaat sobat...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih.., smg bisa dipahami :D

      Hapus
  9. untung saya ga pake behel, jd ga bingung mikirin boleh apa ngga :D
    makasih infonya ya :)

    BalasHapus
  10. o...gitu ya mas, kalau dari sisi islam

    BalasHapus
  11. kalau aku mas, gak suka pake beghel. Kalau dalam Islam dikatakan demikian, saya bisa mengerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... smg bs dipahami.. :D

      Hapus
  12. Wah..informasi yang bagus..menambah pengetahuan mas. Nice share :)

    BalasHapus
  13. memang semuanya tergantung niatnya ya sob, nice sharing:)

    BalasHapus
  14. buat yg peke behel, ayoo baca ini

    BalasHapus
  15. cacat yang dimaksud yang kaya gimana si. . . .?>>>

    BalasHapus
    Balasan
    1. cacat diatas kita artikan sj 'Tidak Normal'.., fungsi utama dr behel kan tuk meratakan atau merapikan gigi yg cacat atau 'tidak normal',

      wallahu a'lam...

      Hapus
  16. Mampir dipagi hari sobat..

    Untung aja saya nggak pake gigi behel sobat jadi saya nggak tau nich mau bilang kayak gimana..boleh atau tidak..hehhe

    BalasHapus
  17. wah terus gmna tuh yang udah terlanjur make karena nia ngikuti trend ??

    sbaikna yg sperti ini cpet diangkat ke khalayak umum..
    biar smua masyrakat tau hukumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk kata trlanjur tuk berbuat dosa.., & gk ada kata terlambat tuk berbuat kebaikan/Amal. Yang dah terlanjur make cz hny ingin sekedar gaya2-an maka harus melepasx..,

      hal ini sdh terangkat kemasyarakat.., hny masyarakatx ajah yg malas mencari kebenaran.., maux ikut2-tan sj :(

      Hapus
  18. Kunjungan pagi sobat
    wah saya pemakai behel sobat, tapi emang dari dulu pakainya sebelum trend kawat gigi udah dipakai
    soalnya gigiku gak rapi sobat
    gimana terus?:(

    BalasHapus
  19. ou ada ilmuny ya gan. ane baru tau... iy gan, klo yang merubah ciptaan alloh setau ane ga boleh, termasuk kategori orang yang tidak bersukur. makasih ya pencerahhannya

    BalasHapus
  20. Sekarang ada tuh orang pakai behel cuma buat mode aja, warna-warni lagi. Seperti orang pakai wig gitu, bisa ganti2 warna. Itu gak boleh ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk boleh.., itulah anehx model org2 sekarang.., barang yg seharusx dipake khusus tuk org 'Sakit' mengapa harus dipamer2.., sama aja memamerkan 'kesakitannya', Aneh kan..??! hhehhe...

      behel yg dipake tuk gaya dan behel yg standar dr dokter i2 hrgax beda jauh.., yg pastix mahalan 'behel gaya'..., bukankah boros namax...? :)

      Hapus
  21. gigi ane emang super berantakan, mau nguyah makanan juga susah
    tapi makasih ragu mo pakek behel

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanyakan ke dokter baikx gimana., klo dokter menyarankan tuk memakaix maka silahkan pake, gk masalah ko'.. :)

      Hapus
  22. berarti kalo untuk memperbaiki gigi yang gak rata gpp ea gan...

    BalasHapus
  23. kalo buat gaya aja hukumnya haram ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan yg sama dgn saudari covalimawati, coba lihat jawaban dr sy di bawah saudara 'eksak'

      mf baru sempat balas... :)

      Hapus
  24. . . ouwwwwwwww,, jadi begitu. baru tau aq. he..86x. keren artikel nya, jadi tambah pengetahuan dech aq nya. tenkz . .

    BalasHapus
  25. ponakan aku juga yang SMP disuruh pake behel sama dokter karena alasan kesehatan :)

    sekarang memang lagi musim pake behel, dan yang lebih parah.. sulam alis.. ckckkck

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lagi musim.., tp sebenarx trlihat aneh.., barang yg seharusx dipake tuk org sakit ko malah dipake sama org normal lalu gitu dipamer2 pula hehehe...

      Hapus
  26. mohon dijawab ya ustadz...

    sebenarnya hukum yang diharamkan itu merubah @gigi atau merubah susunannya, kalau merubah giginya haram bagaimana kalau merubah susunannya sehingga lebih rapi tanpa ada mengikir gigi....

    sekarang ada teknologi baru yang namanya invisalign,,, bisa merapikan gigi/susunan gigi... haramkah menggunakannya???

    sebenarnya apa yang dimaksud dengan "merubah ciptaannya" apakah merapikan gigi termasuk merubah, bagaimana kalau merawat diri (dalam hal ini gigi)...

    sy baru mau pakai invisalign dan menunggu referensi dari ustadz.. sy harap ustadz berkenan memberikan jawaban

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sy bukan ust., dipostingan2 lalu pun sy dah menegur bebrp sahabat agar jgn memanggil saya ust.., cz memanggil ust i2 gk boleh sembarang.., insya Allah dipostingan2 akan datang sy bahas tentang definisi ustadz :)

      -----------------

      apa yg disarankan oleh dokter ahli.., klo dokter ahli menyarankan memakai kawat gigi demi kesehatan gigi sang pasien maka silahkan..,

      mf coba disimak baik2 jawaban diatas pada point 'dua'

      smg dipahami...

      Hapus
  27. maaf sy bukan ust., dipostingan2 lalu pun sy dah menegur bebrp sahabat agar jgn memanggil saya ust.., cz memanggil ust i2 gk boleh sembarang.., insya Allah dipostingan2 akan datang sy bahas tentang definisi ustadz :)

    nama Desta, nama yg tak asing.. :)
    ------------------

    apa yg disarankan oleh dokter ahli.., klo dokter ahli menyarankan memakai kawat gigi demi kesehatan gigi sang pasien maka silahkan..,

    mf coba disimak baik2 jawaban diatas pada point 'dua'

    smg dipahami...

    BalasHapus
  28. kalau tujuannya merapihkan gigi yg berantakan boleh atau tidak..??

    BalasHapus
  29. berarti merapihkan gigi yg g rata boleh ya? soalnya ada rencana mau pake nih.. :)

    BalasHapus
  30. berarti klo buat merapikan gigi yg tidak rata boleh ya.. soalnya ada rencana pake nih.. :)

    BalasHapus
  31. Balasan
    1. mf baru sempat balas :).

      gk konsen nih nyimakx..., coba baca ulang artikelx dan komen2 sy dibawa.., insya Allah disana sdh ada jawabanx..,

      Hapus
  32. kalo cacat nya tonggoss berrarti itu boleh,dan itu kan tetep berarti memperbaiki agar terlihat indah , itu gimana hukum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mf baru sempat balas :).

      gk konsen nih nyimakx..., coba baca ulang artikelx dan komen2 sy dibawa.., insya Allah disana sdh ada jawabanx.., :)

      Hapus
  33. Wah keren artikel behel giginya

    BalasHapus
  34. ada masalah tentang ini sob, yakni masalahnya gak ada biaya buat masang ginian, jadi kalo g ada biaya ya gak boleh masang behel

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaanx ko terlihat lucu ya.... :D

      Hapus
  35. Ass.. mau nanya nihh
    Gigiku yang bagian bawah itu susunannya anehh.. jd pengen ngerapiin.. boleh nggak? Mohon jawabannyaa!

    BalasHapus
  36. apa hukum kikir gigi niat pngobatan gigi panjang agar kelihatan pendek rata rapi ?

    BalasHapus
  37. jadi bagaimana niat dari kitanya jika memang untuk kesehatan maka diperbolehkan ya :)

    BalasHapus