Home » » Subhanallah, Inilah Keajaiban Kunang-kunang

Subhanallah, Inilah Keajaiban Kunang-kunang

Keajaiban Kunang-kunang
Meski kecil, namun cahayanya begitu kuat dan terang, namun sumber penerangan ini sangatlah berbeda dengan bola lampu. Sumber cahaya itu sama sekali bukanlah benda, melainkan makhluk hidup.

''Ia adalah seekor kunang-kunang,'' ujar cendekiawan Muslim, Harun Yahya.

Menurut dia, makhluk kecil itu menghasilkan cahaya dalam tubuhnya meski ia tidak memiliki bola lampu.

Meskipun tidak menggunakan listrik, ia memiliki teknologi yang jauh lebih hebat.

''Teknologi ini lebih efektif dari bola lampu yang mampu merubah sepuluh persen saja dari energinya menjadi cahaya, sedangkan sembilan puluh persen sisanya berubah dan hilang menjadi panas,'' papar pemilik nama asli Adnan Oktar.

Sebaliknya, kata dia, kunang-kunang mampu menghasilkan hampir seratus persen cahaya dari energi yang ada. Ini dikarenakan disain sempurna pada sistem penghasil cahaya yang dimilikinya. Tubuhnya berisi zat kimia khusus bernama lusiferin, dan enzim yang disebut lusiferase.

Untuk menghasilkan cahaya, dua zat kimia ini bercampur, dan percampuran ini menghasilkan energi dalam bentuk cahaya. Molekul kompleks ini telah didisain secara khusus untuk memancarkan cahaya. Penempatan setiap atom yang membentuk molekul tersebut telah ditentukan sesuai dengan tujuan ini.

Tidak ada keraguan bahwa disain biokimia ini bukanlah sebuah kebetulan. Ia sengaja diciptakan secara khusus. Sebagaimana Allah telah memberi semua makhluk hidup ciri mereka masing-masing, Dia juga telah mengajarkan kunang-kunang cara membuat cahaya.

Tapi, untuk apakah kunang-kunang membuat cahaya melalui teknologi yang sedemikian maju. Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan ini, kita harus mengamati lebih dekat sekawanan kunang-kunang. Sekelompok kunang-kunang dalam jumlah besar, hingga ratusan ribu, di malam hari memunculkan pemandangan yang membuat kita seolah sedang berjalan di bawah bintang-bintang.

Cahaya ini sangatlah penting bagi kunang-kunang sebagai alat komunikasi. Sepanjang sejarah, manusia telah menggunakan berbagai sarana untuk berkomunikasi. Salah satunya adalah sandi morse, yang terdiri atas kombinasi sinyal panjang dan pendek, dan dipakai pada telegram. Kunang-kunang menggunakan sinyal cahaya untuk berkomunikasi, cara yang menyerupai sandi morse.

Kunang-kunang jantan menyalakan dan memadamkan cahayanya untuk mengirim pesan kepada sang betina. Pesan ini berisi kode tertentu. Dan kunang-kunang betina menggunakan kode yang sama untuk mengirim pesan balasan kepada sang jantan. Sebagai hasil dari pesan timbal-balik ini, sang jantan dan betina mendekat satu sama lain.

Sejak saat ia dilahirkan, tiap kunang-kunang mengetahui bagaimana berkirim pesan dengan cara ini, dan bagaimana memahami pesan yang dikirim oleh yang lain. Singkatnya, masing-masing dari ribuan kunang-kunang yang kita lihat bersama di kegelapan malam adalah sebuah keajaiban penciptaan. Pencipta sistem yang luar biasa ini adalah Allah, Pencipta semua makhluk hidup.

Dalam sebuah ayat dinyatakan: "Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-nama Yang Paling Baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan dibumi dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. Al-Hasyr, 59:24)


28 komentar:

  1. Subhanalloh..... kebesaran Allah tak akan pernah tertandingi.

    BalasHapus
  2. itu baru salah satu mahluk kecil-Nya. subhanallah... tehnologi manusia tak ada apa-apanya.

    BalasHapus
  3. Subhanallah, Maha suci Allah menciptakan segala sesuatu dan Dialah sebaik-baik pencipta..

    BalasHapus
  4. suka <3 mengirimkan pesan lewat cahaya ^^ manis sekali~

    BalasHapus
  5. Subhanallaah.

    Izin dibaca buat siaran besok ya :)

    BalasHapus
  6. Subhanallah, sangat menakjubkan

    BalasHapus
  7. Tak satu mahlukpun yang diciptakan-Nya dengan sia2 :)

    BalasHapus
  8. subhanallah, ini baru kunang-kunang sob, itupun sudah menyimpan beribu keajaiban yah...Maha besar Allah...

    BalasHapus
  9. Kunang-kunang dengan cahayanya yang menakjubkan. Berrati setiap jenis makhluk memiliki cara berkomunikasi dan bahasanya masing-masing ya..

    Jadi ingt, sudah lama sekali gak lihat kunang-kunang. SEmoga saja populasi kunang-kunang masih lestari..

    BalasHapus
  10. Subhanallah Allah memang Maha Kreatif ya, sesungguhnya semua yang ada di dunia ini dapat di baca oleh manusia sebagai tanda2 kebesaran Allah, tapi sayangnya kita suka ga memperhatikan hal itu

    BalasHapus
  11. keren,,,
    luar biasa arsitek yg menciptakan kunang2 itu, walau manusia bisa buattp gabisa mnjadikannya hidup,,, luarbiasa Sang Maha Pencipta,,,

    BalasHapus
  12. ah rasanya sudah lama sekali nda liat kunang-kunang >,<"

    tabe' sudahmi ki saya follback ^^*

    BalasHapus
  13. jadi inget lagunya Ervina jaman dulu yang judulnya Kunang-kunang.

    BalasHapus
  14. subhanallah :D baru tau nih,saya belum pernah liat kunang kunang secara langsung :( hahha :D bagus ya kunang2?di kota mana ada ya.. adanya laron wkkwk :D

    BalasHapus
  15. maha hebat sang pencipta kunang2,
    tak ada pembangkit listrik diperutnya
    namun dapat membuat cahaya yang berkedip2

    BalasHapus
  16. Waktu kecil saat bemalam di rumah tante saya, saya sering menangkap kunang kunang di depan rumah.. Lalu saya lepaskan mereka di kamar sambil matiin lampu. Waww betapa terangnya mereka terlihat. Subhanallah indahnya ciptaan Allah. ^_^

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. subhanalah sungguh indah semua ciptaan ALLAH

    BalasHapus
  19. kebesaran tuhan sob.. itu terjadi sebelum manusia mengetahui tentang teknologi... ciptaan tuhan memang luar biasa...

    BalasHapus
  20. sesungguh ALLAH MAHA BESAR dengan segala ciptaan-NYA..subhanallah

    BalasHapus
  21. hem benar itu semua ke besaran allah.....
    indah sekali melihat kunang2 di tengah malam, sayang nya aku gk pernah sekalipun melihat kunang2....... (-.-")
    terus berkarya sob...^_^

    BalasHapus
  22. sudah pernh bca tp dimna yah. Masya Allah.
    afwan belum bisa posting yg kemrin di inbox.
    hehhe... ada bebraapa hal yg mesti dirangkum lagi biar bisa rapi versi saya.

    trima kasih sblumnya.

    BalasHapus
  23. . . subhanallah,, bener^ takjub aq atas ciptaan Allah yg bener^ luar biasa. setiap ciptaan nya selalu memiliki kelebihan masing^ . .

    BalasHapus
  24. Subhanalloh... Allahhu Akbar... :)
    *baru ngerti juga bentuk detailnya kunang2... heheee... gk pernah merhatiin... ^_^ #mksih..

    BalasHapus