Home » » Inilah Mukjizat Penciptaan Unta, Subhanallah

Inilah Mukjizat Penciptaan Unta, Subhanallah

Mukjizat Penciptaan Unta
Lentera Langit,  Lima puluh lima derajat celcius. Itulah cuaca panas di gurun pasir, daerah yang tampak tak bertepi dan terhampar luas hingga di kejauhan.

Di gurun pasir terdapat badai pasir yang bisa menelan apa saja yang dilaluinya, dan yang sangat mengganggu pernafasan. Padang pasir berarti kematian yang tak terelakkan bagi seseorang tanpa pelindung yang terperangkap di dalamnya.

Hanya kendaraan yang secara khusus dibuat untuk tujuan ini saja yang dapat bertahan dalam kondisi gurun ini. Kendaraan apapun yang berjalan di kondisi yang panas menyengat di gurun pasir, harus didisain untuk mampu menahan panas dan terpaan badai pasir.

Selain itu, ia harus mampu berjalan jauh, dengan sedikit bahan bakar dan sedikit air. Mesin yang paling mampu menahan kondisi sulit ini bukanlah kendaraan bermesin, melainkan seekor binatang, yakni unta.

Unta telah membantu manusia yang hidup di gurun pasir sepanjang sejarah, dan telah menjadi simbul bagi kehidupan di gurun pasir. Panas gurun pasir sungguh mematikan bagi makhluk lain. Selain sejumlah kecil serangga, reptil dan beberapa binatang kecil lainnya, tak ada binatang yang mampu hidup di sana.

Unta adalah satu-satunya binatang besar yang dapat hidup di sana. Allah telah menciptakannya secara khusus untuk hidup di padang pasir, dan untuk melayani kehidupan manusia. Allah mengarahkan perhatian kita pada penciptaan unta dalam ayat berikut:

''Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana ia diciptakan.''
(QS. Al-Ghaasyiyah, 88:17)                                                                     
                                                                          ***
Jika kita amati bagaimana unta diciptakan, kita akan menyaksikan bahwa setiap bagian terkecil darinya adalah keajaiban penciptaan. Yang sangat dibutuhkan pada kondisi panas membakar di gurun adalah minum, tapi sulit untuk menemukan air di sini.

Menemukan sesuatu yang dapat dimakan di hamparan pasir tak bertepi juga tampak mustahil. Jadi, binatang yang hidup di sini harus mampu menahan lapar dan haus, dan unta telah diciptakan dengan kemampuan ini.

Unta dapat bertahan hidup hingga delapan hari pada suhu lima puluh derajat tanpa makan atau minum. Ketika unta yang mampu berjalan tanpa minum dalam waktu lama ini menemukan sumber air, ia akan menyimpannya. Unta mampu meminum air sebanyak sepertiga berat badannya dalam waktu sepuluh menit. Ini berarti seratus tiga puluh liter dalam sekali minum; dan tempat penyimpanannya adalah punuk unta. Sekitar 40 kilogram lemak tersimpan di sini. Hal ini menjadikan unta mampu berjalan berhari-hari di gurun pasir tanpa makan apapun.

Kebanyakan makanan di gurun pasir adalah kering dan berduri. Namun sistem pencernaan pada unta telah diciptakan sesuai dengan kondisi yang sulit ini. Gigi dan mulut binatang ini telah dirancang untuk memungkinkannya memakan duri tajam dengan mudah.

Perutnya memiliki disain khusus tersendiri sehingga cukup kuat untuk mencerna hampir semua tumbuhan di gurun pasir. Angin gurun yang muncul tiba-tiba biasanya menjadi pertanda kedatangan badai pasir. Butiran pasir menyesakkan nafas dan membutakan mata.

Tapi, Allah telah menciptakan sistem perlindungan khusus pada unta sehingga ia mampu bertahan terhadap kondisi sulit ini. Kelopak mata unta melindungi matanya dari dari debu dan butiran pasir.

Namun, kelopak mata ini juga transparan atau tembus cahaya, sehingga unta tetap dapat melihat meskipun dengan mata tertutup. Bulu matanya yang panjang dan tebal khusus diciptakan untuk mencegah masuknya debu ke dalam mata. Terdapat pula disain khusus pada hidung unta. Ketika badai pasir menerpa, ia menutup hidungnya dengan penutup khusus.

                                                                           ***
Salah satu bahaya terbesar bagi kendaraan yang berjalan di gurun pasir adalah terperosok ke dalam pasir. Tapi ini tidak terjadi pada unta, sekalipun ia membawa muatan seberat ratusan kilogram, karena kakinya diciptakan khusus untuk berjalan di atas pasir. Telapak kaki yang lebar menahannya dari tenggelam ke dalam pasir, dan berfungsi seperti pada sepatu salju.

Kaki yang panjang menjauhkan tubuhnya dari permukaan pasir yang panas membakar di bawahnya. Tubuh unta tertutupi oleh rambut lebat dan tebal. Ini melindunginya dari sengatan sinar matahari dan suhu padang pasir yang dingin membeku setelah matahari terbenam. Beberapa bagian tubuhnya tertutupi sejumlah lapisan kulit pelindung yang tebal.

Lapisan-lapisan tebal ini ditempatkan di bagian-bagian tertentu yang bersentuhan dengan permukaan tanah saat ia duduk di pasir yang amat panas. Ini mencegah kulit unta agar tidak terbakar. Lapisan tebal kulit ini tidaklah tumbuh dan terbentuk perlahan-lahan; tapi unta memang terlahir demikian. Disain khusus ini memperlihatkan kesempurnaan penciptaan unta.
                                                                           ***
Marilah kita renungkan semua ciri unta yang telah kita saksikan. Sistem khusus yang memungkinkannya menahan haus, punuk yang memungkinkannya bepergian tanpa makan, struktur kaki yang menahannya dari tenggelam ke dalam pasir, kelopak mata yang tembus cahaya, bulu mata yang melindungi matanya dari pasir, hidung yang dilengkapi disain khusus anti badai pasir, struktur mulut, bibir dan gigi yang memungkinkannya memakan duri dan tumbuhan gurun pasir, sistem pencernaan yang dapat mencerna hampir semua benda apapun, lapisan tebal khusus yang melindungi kulitnya dari pasir panas membakar, serta rambut permukaan kulit yang khusus dirancang untuk melindunginya dari panas dan dingin.

Tak satupun dari ini semua dapat dijelaskan oleh logika teori evolusi, dan kesemuanya ini menyatakan satu kebenaran yang nyata: Unta telah diciptakan secara khusus oleh Allah untuk hidup di padang pasir, dan untuk membantu kehidupan manusia di tempat ini.

Begitulah, kebesaran Allah dan keagungan ciptaan-Nya tampak nyata di segenap penjuru alam ini, dan Pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu. Allah menyatakan hal ini dalam ayat Alquran:

''Sesungguhnya, Tuhanmu hanyalah Allah, yang tidak ada Tuhan selain Dia. Pengetahuan–Nya meliputi segala sesuatu.'' (QS. Thaahaa, 20:98).

Maha Benar Allah dengan Segala Firman-Nya



72 komentar:

  1. Thanks sob pencerahannya, tidak ada satupun mahluk yang diciptakan-Nya dengan sia-sia.

    BalasHapus
  2. subhanallah...Allah memang selalu punya maksud dengan ciptaan-Nya. terima kasih untuk tulisannya :)

    BalasHapus
  3. Subhanallah..mukjizat yang ada pada unta ini.
    Ini hanya satu hewan ciptaan Allah Ta'ala. Masih banyak hewan lainnya.
    Maha Benar Allah dengan segala FirmanNya....

    BalasHapus
  4. subhanallah...unta adalah salah satu hewan yang diabadikan dalam al-qur'an, karena banyak pelajaran yg dapat kita ambil darinya...

    trims, happy blogging

    BalasHapus
  5. subhanalloh salah satu ciptaan yang bisa membuktikan kebesaran sang Pencipta

    BalasHapus
  6. Subhanallah
    sungguh Besar Kuasa Mu

    Salam Silaturahmi

    BalasHapus
  7. Maha besar allah dgn segala hal yg tlah di ciptakanya

    BalasHapus
  8. Subhanallah begitu bermanfaatnya yah unta, tehnologi canggih pun rasanya kalah.. itulah kekuasaan Allah..

    BalasHapus
  9. Suhu 55 derajat di padang pasir? wah itu kan sama dengan suhu air utk membuat susu bayi..

    Unta yg penciptaannya sdh di desain sesuai dengan habitatnya...

    BalasHapus
  10. @Tiesaiya pasti ada hikma dibalik semua penciptaan-Nya.., terima kasih ya.. :)

    BalasHapus
  11. @Blog Keperawataniya sob.., msh bnyk yg blom diungkap tntng mukjizat pd makluk lain.. :)

    BalasHapus
  12. @Thanjawa ArifAllahu Akbar.., semua ciptaan-Nya pasti gk sia2.., thx ya.. :)

    BalasHapus
  13. @Uzay ^,^iya sob gk ada teknologi yg bs menandingin ciptaan-Nya..., thx ya kawan :)

    BalasHapus
  14. @Ririe Khayaniya mbk.., cz Allah maha Rahman/Rahim makax unta didesain tuk cocok dgn alamx.. :)

    BalasHapus
  15. huf…
    ga kebayang panasnya digurun pasir ya…
    tapi unta sugguh berbeda
    karna ciptaan Yang Kuasa …

    BalasHapus
  16. subhanallah, sedemikian uniknya unta di ciptakan agar bisa bertahan di gurun panas ya. ini juga jadi salah satu bukti bahwa Allah memang maha segalanya.

    BalasHapus
  17. Shodaqallahal'adziim.

    Info ini juga pernah saya share pas siaran program cakrawala islami di Radio Volare Pontianak :)

    BalasHapus
  18. @anisayuiya mbk.., emank unta diciptakan tuk cocok dgn alamx... :)

    BalasHapus
  19. Subhanallah Unta yang Allah ciptakan!! benar benar sangat useful!! Allahuakbar...

    didaerah sepanas dan segersang itu!! memang kesempurnaan nyata ciptaan Allah yang tidak bisa dibantah :)

    BalasHapus
  20. . . wouwwwwwww,, unta emank special banget. memiliki banyak kelebihan. bahkan gak makan n minum pun selama delapan hari. hebat . .

    BalasHapus
  21. shubhannallah..bener yah, baru nyadar begitu unta diciptakan bener-bener dengan segala kebesaran dan perhitungan yang AGUNG, maka pandai-pandailah mensyukuri nikmat NYA setiap saat.

    siip kang, dapet pencerahan dari sini.

    BalasHapus
  22. ijin menyimak sob,betul kata kata di atas.setiap cipttaan allah pastilah ada manfaatnya.

    artikel yang menarik untuk di telaah sob.
    terima kasih sudah berbagi.
    ph iya sekalian follow sob,tapi kotak follownya di mna ya sob?

    happy blogging

    BalasHapus
  23. Semua ciptaan Allah selalu ada manfat dan tujuannya :D

    BalasHapus
  24. MasyaAllah....
    merenungkan hal ini menjadikan diri ini semakin meyakini-Nya.

    BalasHapus
  25. wahhh, manteb banget nih sobat :)

    BalasHapus
  26. semua sudah di atur sedemikian rupa, kita tinggal menggalinya lagi ya sob :D

    BalasHapus
  27. subhanallah :) allah telah menciptakan masing masing makhluknya dengan kelebihan yg berbeda beda untuk bertahan hidup.. nice entry ^^ done follow sini hehe

    BalasHapus
  28. @diniehzgitu ya..., emank karya2x Harun Yahya sangat terkenal.. :)

    BalasHapus
  29. @Asalasahdisitulah letak kemaha-Adilanx Allah, Allah menciptakan Unta sesuai dgn sikonx. :)

    BalasHapus
  30. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥Subhanallahu.., klo manusia mgkn sdh berpindah Alam :)

    BalasHapus
  31. @Desa Cilembudisitulah letak Kemaha-Rahim dan Kemaha-rahmanx ALlah..., terima kasih Kang :)

    BalasHapus
  32. @kampungku corolladisebelah atas sudut kanan.., ada gmbar follow.., terima kasih & happy blogging :)

    BalasHapus
  33. @Rulita.parkiya benar banget...! :), makasih ya..

    BalasHapus
  34. Tidak ada yang sia sia atas ciptaan Tuhan, Semua mengandung ilmu untuk di renungkan dan dipelajari manusia.
    Sungguh maha besar Tuhan !

    BalasHapus
  35. subhanallah... "tiap sesuatu diciptakan tidaklah tiada memberi manfaat, dan bagi mereka yang mau berfikir"

    BalasHapus
  36. mantap artikelnya.. bermanfaat gan..

    BalasHapus
  37. memang tuhan telah menciptakan binatang dengan berbagai kelebihan tersendiri.. sama seperti gajah dengan belalainya..

    BalasHapus
  38. subhanallah.........
    memang kebesaran sang pencipta....
    oya sob blog nya sudah aku follow, di tunggu follback nya yah.. ^_^

    BalasHapus
  39. Subhanallah
    sungguh Besar Kuasa Mu yaallah

    BalasHapus
  40. subhannal, ternyata unta begitu besar manfaatnya yach sobat??

    BalasHapus
  41. hadir lagi di pagi hari yang indah untuk menyambung silaturrahim :)

    happy blogging sobat

    BalasHapus
  42. wah setiap detailnya ternyata keajaiban ya, pantesan Alloh menuliskannya di alquran. ehm, gitu, ada rahasia di baliknya. berarti memang Alquran itu sumber rahasia ya..

    BalasHapus
  43. ini salah satu keajaiban tuhan.

    BalasHapus
  44. Allah maha besar dengan segala ciptaannya..

    BalasHapus
  45. manusia sering mengabaikan bagaimana dia dan mahluk lainnya diciptakan :(

    BalasHapus
  46. Allah Maha Memperhitungkan segala sesuatu, kitanya aja yang kurang mentadaburi semua ciptaannya :)

    BalasHapus
  47. Subhanallah.....Mukjizatnya luar biasa sobb

    BalasHapus
  48. Em Saya tidak bisa menggatakan apa-apa tentang Mukjizat penciptaan unta ini mas, karena saya sudah merasa sangat terkagum kaggum......

    BalasHapus
  49. Inilah tanda kebesaran allah swt, jadi kita wajib mensyukurinya alhamdulillah

    BalasHapus
  50. katanya saathewan ini disembelih, nggak pernah meronta ya?

    BalasHapus
  51. subhanallah,,,
    Allah memang selalu menciptakan sesuatu untuk kepentingan manusia walau itu ditempat-tempat extrim seperti di jazirah Arab ,,,

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
  52. @Lentera Langit
    . . hu um kawan. tapi kan setiap makhluk Allah pasti memiliki kelebihan dan kekkurangan masing^. jadi ya disyukurin aja lah. he..86x. tapi seandenya manusia kayak gitu, mungkin gak akan ada yang mati karena kelaparan ya?!? he..86x . .

    BalasHapus
  53. Subhanallah ...

    Allah tdk prnah sia-sia dlm Menciptakan mahkluk hidup Trmasuk Unta ...

    BalasHapus
  54. Subhanallah.. tiada yang Maha Kuasa selain Alloh, Maha Nesar dengan segala ciptaan-Nya, yang memiliki kelebihan masing2...

    makasih atas postingannya

    BalasHapus