Home » » Cara Membuang Pikiran Kotor

Cara Membuang Pikiran Kotor

Cara Membuang Pikiran Kotor
Pertanyaan:
Assalamu’alaikum,
Ustadz, saya ingin bertanya: Bagaimana caranya untuk menghilangkan pikiran kotor? karena hal itu membuat saya tidak bisa konsentrasi dalam belajar. Apakah saya harus diruqyah? dan apakah saya harus segera menikah? terima kasih. Wassalamu’alaikum.
Dian

Jawaban Ustadz:
‘Alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh,
Cara untuk menghilangkan pikiran kotor dapat dilakukan dengan beberapa hal
berikut:

Pertama,
Menjauhi segala sebab yang dapat menimbulkan hal tersebut seperti menonton film, membaca cerita porno atau berita tentang terjadinya pemerkosaan, begitu juga melihat gambar porno, serta menjaga pandangan dari melihat wanita (apa lagi di negeri kita porno aksi sebagai santapan yang biasa dinikmati), semoga Allah melindungi kita dari fitnah wanita dan fitnah dunia.
Kedua,
Mengambil pelajaran dari kisah para nabi atau orang sholeh yang mampu menjaga diri ketika dihadapkan kepada fitnah wanita, seperti kisah nabi Yusuf ‘alaihissalam, betapa beliau saat digoda oleh wanita yang bangsawan lagi cantik, tapi hal itu tidak mampu menebus tembok keimanan beliau, bahkan beliau memilih untuk ditahan dari pada terjerumus ke dalam maksiat.

Ketiga,
Ingat akan besarnya pahala diri di sisi Allah yang dijanjikan bagi orang yang mampu menjaga kehormatan diri sebagaimana yang disebutkan dalam hadits tujuh golongan yang akan mendapat naungan dari Allah pada hari yang tiada naungan kecuali naungan Allah disebutkan di antaranya adalah seorang pemuda yang diajak untuk melakukan zina oleh seorang wanita cantik lagi bangsawan, anak muda itu menjawab: “Aku takut pada Allah”. Di samping mengingat tentang balasan yang akan diterimanya dalam surga yaitu bidadari yang senyumnya berkilau bagaikan cahaya, silakan baca bagaimana kecantikan bidadari yang diceritakan Allah dalam Al Quran.

Keempat,
Ingat betapa besarnya azab yang akan diterima bagi orang yang melakukan zina silakan baca ayat-ayat dan hadits-hadits yang mengharamkan zina, seperti yang disebutkan dalam hadits bawa para pezina akan diazab dalam gerbong yang berbentuk kerucut, yang arah kuncupnya ke atas di bawahnya dinyalakan api bergelora dan membara, mereka melayang-layang dalam gerbong yang berbentuk kerucut tersebut karena disembur api dari bawah, tapi tidak bisa keluar karena lobang atas gerbong itu sangat kecil. Mereka berteriak dan memekik sekuat-kuatnya, sehingga pekik satu sama lainnya pun menyiksa. Semoga Allah menjauhkan kita dari api neraka.

Kelima,
Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, jangan banyak menyendiri dan berkhayal. Di samping selalu berdoa kepada Allah supaya dihindarkan dari berbagai maksiat.

Keenam,
Bila memiliki kemampuan untuk berkeluarga ini adalah jalan yang paling terbaik yang dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, bila tidak mampu maka usahakan berpuasa Senin Kamis, wallahu a’lam.

***
Dijawab Oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra,M.A.

40 komentar:

  1. mau nanya pak ustad hehehehe. . .. gimana si caranya agar gak nggrundel dihati ketika ada yang gak kita sukai... biasanya ntu muncul pas waktu sholat ntu. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. mf jgn manggil ust sob..!, mgkn ada masalah yg blum tertuntaskan hingga kebawa dlm sholat.., jd klo emank bs diselesaikan secepatx maka lbh baik, jgn ditunda2.., wallahu a'alam

      Hapus
  2. makanya biar gak kotor, berpikirlah yg bersih...
    hehe
    ^_^
    thanks atas tipsnya

    BalasHapus
  3. ketujuh
    punya niat dan tekat baja untuk menjauhi pikiran kotor. . .
    ^____^

    mantaaap sekali postingannya SubhanAllah

    BalasHapus
  4. siip, , , gan. .hehe. Tips menghindari kata kata kotor ada gag?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja sob.., hati kotor lalu yg keluar pun pasti kotor, jadi bersihin hati dlu... ;)

      Hapus
  5. artikel yang sangat bermanfaat, mencerahkan hati dan menenangkan jiwa :-)

    BalasHapus
  6. akur, dab! lanjutkan... ;)

    BalasHapus
  7. kalo pengen pikiran bersih tinggal pake rinso kawan pasti kinclong hehehe sekalian follow ini blog #66 follow blk ea bro d menu SITE INFO thx..salam sahabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. lngsung dijemur aja bajux, jgn di kucek2 bos ntr otakx ancur2 heheh.., thx yaa ;)

      Hapus
  8. keren nigh blog, Mendiskripsikan sesuatu yg bersifat Islami
    tapi klo warnanya hijau pasti lebih keren

    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih saranx.., aq emank sering2 merubah latarx tp tuk merubah latar postingan aq gk tau...,salam kenal... ;)

      Hapus
  9. masyaAllah
    niat yang bulat dan usaha maksimal!
    InsyaAllah bisa.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah di ingatkan, insyaALLAH bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2.., hrsx sama2 sling mengingatkan :)

      Hapus
  11. Semoga bisa membawa pencerahan menuju hidup yang lebih baik

    BalasHapus
  12. yupz kajian dan share yang menarik. khususnya pada poin enam itu dulu yang sering ane lakukan.. syukron untuk share poin 1 dan 5,

    arokalloh

    BalasHapus
  13. ke delapan : disapuin, hehehe "piss"

    postingannya bermanfaat banget sob, terima kasih :D

    BalasHapus
  14. postingan yang bermanfaat. Kalau cara supaya menghindari prasangka burung ke seseorang gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. prasangkaan buruk pd seseorang biasax timbul cz ada permasalahan antara kedua belah pihak.., jadi perlu adanya kroscek antara kedua.., klo emank ada masalah langsung lah melakukan konfirmasi.., jgn menunda2nya.., :)

      Hapus
  15. Balasan
    1. udah dr bbrp hari yg lalu.., syukran ya dah folbek.. :)

      Hapus
  16. setiap berkunjung kesini pasti deh ada ilmu yg didapat :)
    tapi ya kalau buat saya lebih susah membuang prasangka buruk, susaahhh sekali >___<

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah bukan berarti gk bisa.., insya Allah dgn doa & usaha maka Allah akan membantu.. :)

      Hapus
  17. wah wah.. ini yang saya butuhkan

    *sedang mencoba*
    terima kasih akhi :D

    BalasHapus
  18. subhanallah semoga dibaca banyak orang bermnfaat banget nih

    BalasHapus
  19. Subhanalloh... bermanfa'at banget...
    *ditunggu artikel2 yg bermanfaat lainnya... ^_^

    BalasHapus