Home » » MUI tegaskan haram hukumnya mengucapkan selamat Natal dan Natal bersama

MUI tegaskan haram hukumnya mengucapkan selamat Natal dan Natal bersama


JAKARTA (Arrahmah.com) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali menegaskan agar umat muslim agar tidak memberikan ucapan Selamat Hari Raya Natal kepada umat kristiani apalagi mengikuti natalan bersama, karena hukumnya haram  dan berdosa bagi umat Islam mengikuti perayaan Natalan bersama umat Kristen. Sebab dalam acara Natalan bersama itu mengandung unsur ibadah Kristiani.

"Umat Islam haram mengikuti perayaan Natalan bersama, karena mengandung unsur ibadah, sehingga akan merusak aqidah dan keimanan umat Islam. Bahkan ucapan Selamat Hari Natal,  jangan sampai diucapkan oleh umat Islam Adapun yang diperbolehkan ucapan Selamat Tahun Baru 2013,"," Nasihat Ketua MUI KH.Ma'ruf Amin dalam jumpa pers di kantornya di Jalan Proklamasi nomor 51, Jakarta Pusat, Rabu (19/12).

Ia menegaskan, meski tidak mengucapkan selamat, umat Islam tetap harus menghormati perayaan Natal. Tapi tetap di dalam batasan-batasan ajaran agama Islam
"Tentu kita harus jaga toleransi tapi tentu ada fatwa MUI melarang untuk mengikuti ritualnya, karena itu ibadah," ujar pimpinan tertinggi ulama se-Indonesia itu.

Menurut KH Ma'ruf Amin, Fatwa MUI mengenai haramnya mengikuti perayaan Natalan bersama itu, telah disampaikan  Ketua Komisi Fatwa MUI, KH M Syukri Ghozali dan Sekretaris H Masudi pada 7 Maret 1981 lalu, dimana isi fatwanya antara lain:

Pertama, Perayaan Natal Bersama pada akhir-akhir ini disalahartikan oleh sebagian ummat Islam dan disangka sama dengan ummat Islam merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad Saw. Kedua, karena salah pengertian tersebut ada sebagian orang Islam yang ikut dalam perayaan Natal dan bahkan duduk dalam kepanitiaan Natal. Ketiga, Perayaan Natal bagi orang-orang Kristen adalah merupakan Ibadah.

Untuk itu MUI menghimbau ummat Islam Indonesia agar tidak mencampur-adukkan Aqidah dan Ibadahnya dengan Aqidah dan Ibadah agama lain. Ummat Islam harus berusaha untuk menambah Iman dan Taqwanya kepada Allah Swt. Tanpa mengurangi usaha ummat Islam dalam Kerukunan Antar Ummat Beragama di Indonesia.

Untuk itu Majelis Ulama Indonesia menfatwakan: Pertama, Perayaan Natal di Indonesia meskipun tujuannya merayakan dan menghormati Nabi Isa As, akan tetapi Natal itu tidak dapat dipisahkan dari soal-soal yang diterangkan di atas. Kedua, mengikuti upacara Natal bersama bagi ummat Islam hukumnya haram. Ketiga, agar ummat Islam tidak terjerumus kepada syubhat dan larangan Allah Swt dianjurkan untuk tidak mengikuti kegiatan-kegiatan Natal. (bilal/arrahmah.com)

8 komentar:

  1. Mas , boleh ngga aku minta templatenya , saya suka banget sama template mas ini hmm , nanti tak modif lagi mas templatenya . Boleh ya saya minta mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy ngambilnya disini masbro..

      http://mdf-blog.blogspot.com/

      dan disana msh bnyk template yg lbh keren drpd pny saya.., silahkan dilihat2

      adminya jg baik.. (h)

      Hapus
    2. Iya mas saya jga tau ini template dari mdf yg Dark Light ya awalnya..

      2 hari Saya udah ngoprek2 biar jdi 2 coloum homepage'y kaya sampeyan tapi susah mas malah hancur , hmm

      Hapus
    3. ohh., klo soal tampilan homepage yg dua kolom itu semuanya MDF yg kerjakan saya sama sekali gk tau.., kemarin saya masukin MDF sbgai Admin blog ini.., jd skrg Admin blog ini ada 2 saya (Lentera Langit) dan si MDF blog (h) .., coba minta tlg aja langsung ke MDF blog insya Allah dibantu ko.., :)

      coba simak komunikasi saya dan MDF disini...

      http://mdf-blog.blogspot.com/2013/05/the-sky-blue-responsive-blogger.html

      semoga bs membantu sob.., happy blogging :)

      Hapus
  2. Owh gtu ya Mas...
    Malu mas minta tolongnya , kalo boleh sih minta script template'y mas aja sihh boleh ya mas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh gimana ya?? @-) , jgn malu tuk mita tolong drpd nyasar dijalan mending bertanya dan minta diantarkan sampai ketujuan, ibaratnya gitu kan sob?!

      lagian bagi MDF menjadikan blog jd dua kolom itu sangat mudah cz sdh Ahlinya jd insya Allah gk merepotkan MDF..

      kata seorg blogger senior, Ciptakan gaya lo sendiri dimana gaya itu bisa membedakan dirimu dengan blogger yang lain...

      Hapus
  3. Mas boleh ngga aku jadi penulis postingan di blog nya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mf tuk sementara sy gk butuh penulis cz tuk nulis semua org bisa, anak SD pun juga bisa nulis heheh.., *bercanda :-d

      iya sob, serius ni sy gk menerima penulis :))

      Hapus