Home » » Kupas Tuntas Malam Nisfu Syaban. Bag. 2

Kupas Tuntas Malam Nisfu Syaban. Bag. 2

Nisfu Syaban


Kedua,

Riwayat dari A’isyah, bahwa beliau menuturkan:

فقدت النبي صلى الله عليه وسلم فخرجت فإذا هو بالبقيع رافعا رأسه إلى السماء فقال: “أكنت تخافين أن يحيف الله عليك ورسوله” فقلت يا رسول الله ظننت أنك أتيت بعض نسائك فقال: ” إن الله تبارك وتعالى ينزل ليلة النصف من شعبان إلى السماء الدنيا فيغفر لأكثر من عدد شعر غنم كلب

Aku pernah kehilangan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian aku keluar, ternyata beliau di Baqi, sambil menengadahkan wajah ke langit. Nabi bertanya; “Kamu khawatir Allah dan Rasul-Nya akan menipumu?” (maksudnya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memberi jatah Aisyah). Aisyah mengatakan: Wahai Rasulullah, saya hanya menyangka anda mendatangi istri yang lain. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada malam nisfu syaban, kemudian Dia mengampuni lebih dari jumlah bulu domba bani kalb.”

Keterangan:

Hadis ini diriwayatkan At-Turmudzi, Ibn Majah dari jalur Hajjaj bin Arthah dari Yahya bin Abi Katsir dari Urwah bin Zubair dari Aisyah. At-Turmudzi menegaskan: “Saya pernah mendengar Imam Bukhari mendhaifkan hadis ini.” Lebih lanjut, imam Bukhari menerangkan: “Yahya tidak mendengar dari Urwah, sementara Hajaj tidak mendengar dari Yahya.” (Asna Al-Mathalib, 1/84).

Ibnul Jauzi mengutip perkataan Ad-Daruquthni tentang hadis ini:

“Diriwayatkan dari berbagai jalur, dan sanadnya goncang, tidak kuat.” (Al-Ilal Al-Mutanahiyah, 3/556).
Akan tetapi hadis ini dishahihkan Al-Albani, karena kelemahan dalam hadis ini bukanlah kelemahan yang parah, sementara hadis ini memiliki banyak jalur, sehingga bisa terangkat menjadi shahih dan diterima. (lihat Silsilah Ahadits Dhaifah, 3/138).

Ketiga,

Hadis dari Abu Musa Al-Asy’ari, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن الله ليطلع ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

“Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Sya’ban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.”

Keterangan:

Hadis ini memiliki banyak jalur, diriwayatkan dari beberapa sahabat, diantaranya Abu Musa, Muadz bin Jabal, Abu Tsa’labah Al-Khusyani, Abu Hurairah, dan Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhum. Hadis dishahihkan oleh Imam Al-Albani dan dimasukkan dalam Silsilah Ahadits Shahihah, no. 1144. Beliau menilai hadis ini sebagai hadis shahih, karena memiliki banyak jalur dan satu sama saling menguatkan. Meskipun ada juga ulama yang menilai hadis ini sebagai hadis lemah, dan bahkan mereka menyimpulkan semua hadis yang menyebutkan tentang keutamaan nisfu syaban sebagai hadis dhaif. 

Lalu bagaimana Pendapat para Ulama???

Bersambung, Insya Allah...

Sumber tulisan akan disebutkan pada bagian akhir tulisan. 
 

8 komentar:

  1. wahhh, terima kasih sudah share nih sob,,,
    saya sudah baca-baca sob :)

    BalasHapus
  2. Subhanallah..

    “Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Sya’ban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.”

    btw, mba jawabannya menyalahi peraturan permainan..

    coba di baca lagi deh Kata #Blogwalking :D

    BalasHapus
  3. . . ich,, jadi tambah tau aq tentang kayak ginian. gak sabar nich untuk menunggu kelanjutan nya. huhh . .

    BalasHapus
  4. Pas cerita nabi menengadah ke langit saya ngerti. Tapi kebawah makin kebawah koq bingung ya. Tentang sanad hadist itu. Yang mana hadits yang didebatkan.

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas pencerahanya sobat..

    BalasHapus
  6. @Ilham Bachtiarcoba disimak ulang..,
    pd postingan yg bag. 1 hingga bag. 2 bs diketahui bhw hadits2 seputar nifsu sya'ban ada yg palsu dan ada yg diperdebatkan keshohihanx.., ada yg mendhoifkan dan ada pula yg menshohihkan..

    tuk kelanjutanx tunggu aja bag.3.., disitulah Final yg merangkum bag. 1 dan bag. 2.., biarkan Ulama yg berpendapat :)

    BalasHapus
  7. hadir lagi untuk baca-baca nih sobat :))

    salam sukses yah

    BalasHapus
  8. manfaat banget sob....sukron :)

    BalasHapus