Home » » Es Pisang Ijo Makassar

Es Pisang Ijo Makassar

Es Pisang Ijo
Bahan-Bahan :

40 gram tepung beras
1/2 sendok teh garam
300 ml air
100 ml air daun suji
3 tetes pewarna hijau
175 gram tepung beras
5 buah pisang raja yang tua
es serut
sirup merah (rasa pisang ambon)
650 ml santan(bahan saus)
50 gram tepungh terigu(bahan saus)
75 gram gula pasir(bahan saus)
1 lembar daun pandan(bahan saus)
1/4 sendok teh garam(bahan saus
10 sendok teh kacang tanah sangrai yang sudah digiling kasar

Cara Mengolah :
Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih, angkat.
Tambahkan tepung beras, aduk rata lalu aduk lagi sampai kalis (tidak lengket). Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.
Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.
Potong-potong pisang hijau, tuangkan saus, es serut, dan sirup merah.
taburkan kacang tanah yang telah digiling kasar.



8 komentar:

  1. heemm... seger banget ya kayaknya...
    mau...mau...mau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan jalan2 ke makassar.., ongkos PP-nya tanggung diri sendiri heheh.., syukran ya dah mampir :)

      Hapus
  2. favorit saya nih, hehe... ^^

    BalasHapus
  3. klo ngeliatnya nih mantab dan manis yah.
    Cuma klo saya liat di TV acara kuline.kok pengn muntah. Entah knpa klo liat makanan yg manis2dan bersantan jadi takut duluan. Jujur saya pengen tapi takut manis.hehe

    rasanya gimna sih? manis bgd ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tingkat kemanisanx bs diatur pd bnyk sedikitx sirup yg diberi..., :)

      Hapus
  4. sy ga pernah nemu pisang ijo yg di kasih taburan kacang tanah :D :D

    klo mo bikin yg praktis, pisang ijonya di dadar bukan pake adonan tepung beras...
    tp enakan yg tepung beras sih, apalagi klo saus nya sedikit gurih plus sirup pisang ambonnya ada :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung selera masing2 aja dech.., :)

      Hapus